Tergoda Lihat Segarnya Daun Singkong Seperti di Rumah Makan Padang, Cara Masaknya Gimana Sih?

Loading...

Daun singkong memang tidak sulit diolah. Sirebus begitu saja sudah nikmat dikonsumsi. Daun singkong adalah salah satu sayuran hijau yang sering diolah dalam aneka masakan Indonesia.

Bahan makanan satu ini mudah didapat. Di perkotaan, pasokannya tersedia di pasaran setiap hari. Di pedasaan, daun singkong tinggal dipetik saja di kebun belakang rumah. Maklum, pohon singkong adalah salah satu pohon wajib tanam bagi orang Indonesia.

Daun singkong nikmat diolah dengan bumbu apa pun. Yang paling sering, daun ini hanya direbus dan kemudian dijadikan lalap bersama sambal dan aneka gorengan.

Contoh nyatanya, di rumah makan Padang, rebusan daun singkong ini jadi menu sayur utama yang disuka banyak konsumen. Selain lezat, daun singkong rebus di rumah makan Padang sering juga dipuji karena tampilannya.

Di sana, daun singkong berwarna hijau segar seperti baru keluar dari air rebusan. Padahal daun singkongnya sudah dingin dan direbus dari pagi hari. Bagaimana, sih, caranya?

Baking Powder

Kunci warna daun singkong yang cantik ini terdapat pada penggunaan baking powder. Bahan tambahan makanan ini bisa memperkuat pigmen warna hijau dalam daun singkong.

Tambahkan saja 1 sendok teh baking powder ke dalam 1000 ml air rebusan daun singkong.  Hasilnya, daun singkong akan punya warna hijau cerah, bukannya hitam.

Jangan Tutup Panci

Kita juga perlu tahu cara merebus daun singkong yang benar agar warnanya semakin cantik.  Daun singkong sebaiknya dimasukkan saat air telah mendidih benar.

Setelah itu, biarkan daun singkong direbus dalam keadaan terbuka, jangan tutup panci atau wajan. Menutup panci hanya akan membuat daun singkong berubah kehitaman karena asam dari hasil perebusan tidak bisa keluar.

Jangan lupa juga untuk selalu memeras daun singkong dari airnya. Daun singkong termasuk sayuran yang tidak mudah hancur sehingga aman diperas. Setelah diperas, daun singkong siap diolah menjadi aneka masakan. Bisa dimakan begitu saja sebagai lalap atau tambahan pecel.

Bisa juga diiris tipis lalu dimasak kembali bersama santan dan aneka bumbu kuning menjadi gulai daun singkong. Semuanya nikmat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait