Anak Umur 5 Tahun Ini Didiagnosis “Kanker Hati” Stadium Akhir. Dokter Mengatakan Penyebabnya Adalah Kebiasaan “Mengonsumsi” 9 Jenis Makanan “Tak Sehat” Ini!

Loading...

Seorang anak perempuan berusia 5 tahun ini didiagnosisi terkena penyakit kanker hati stadium akhir. Dan ini cukup membuktikan bahwa kasus (penyakit) kanker memiliki kecenderungan menyerang kepada usia yang lebih muda.

Ibu dari bocah perempuan ini pun juga tidak memiliki keluarga yang menderita kanker hati. Sehari-hari anaknya juga terlihat sehat, tapi telah menginap selama setengah tahun di rumah sakit, dan sayangnya belum dapat menyembuhkannya.

Dokter terkait mengatakan faktor-faktor yang menyebabkan bocah perempuan tersebut mengidap kanker berhubungan erat dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat ini.

Menurut laporan bahwa sembilan jenis makanan berikut ini, tidak peduli apakah itu anak-anak atau orang dewasa, dihimbau sebaiknya kurangilah mulai detik ini demi kesehatan jangka panjang Anda.

1. Mie Instan
Semangkuk mie instan mengandung hingga 25 jenis aditif makanan, dan paling sering dijumpai antara lain, MSG-Monosodium Glutamat. karamel, asam sitrat, tert-Butylhydroquinone dan sebagainya.

Anak-anak yang mengonsumsi produk yang mengandung asam sitrat dalam jangka panjang, dapat menyebabkan hypocalcemia (Penurunan ( drop ) nya kalsium darah secara tiba-tiba).

2. Ham dan Sosis Ham
Mengandung bahan pengawet seperti natrium nitrit, kalium sorbat yang dapat menyebabkan terbentuknya tumor dalam hati dalam bentuk nitrosamine.

3. Cookie
Mengandung bahan pengawet seperti natrium metabisulfit, asam sitrat, dan sorbitol. Natrium metabisulfit dalam kadar yang berlebihan dapat menyebabkan luka pada hati dan menimbulkan racun dalam hati.

4. Es Krim
Zat yang paling umum digunakan adalah pemanis buatan, pengental serta pigmen sintetis. Ada beberapa negara di dunia yang melarang penggunaan pigmen sintetis dalam pembuatan es krim.

5. Keripik Kentang
Mengandung bahan pengawet seperti sodium glutamat, dinatrium guanilat yang dilarang untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

6. Manisan
Manisan mengandung asam sitrat, kalium sorbat, natrium benzoate dalam proses pembuatannya. Natrium benzoate ini sendiri dapat menghancurkan vitamin B1 yang akan menghambat penyerapan kalsium pada anak-anak.

7. Permen Karet
Permen karet mengandung aspartam, sorbitol, asam sitrat. Konsumsi sorbitol yang berlebihan akan menyebabkan diare.

8. Jelly
Potassium sorbate, asam sitrat dan carrageenan adalah zat yang paling umum digunakan untuk membuat jelly. Konsumsi kalsium sorbat yang berlebihan akan mengakibatkan alergi dan terganggunya penyerapan kalsium dalam tubuh.

9. Teh susu
Bahan pengawet dalam teh susu terdiri dari potassium sorbate atau kalium sorbat, natrium heksametafosfat dan lain-lain yang bisa menyebabkan gangguan metabolisme kalsium.

Jadi, sekali lagi dihimbau sebaiknya lebih berhati-hati dengan makanan-makanan ini. Pertimbangkan dulu secara teliti komposisi dan sumbernya.


Sumber: Erabaru

Artikel Terkait