Orang Terkaya Hongkong: "Saya Tidak Takut Menjadi Miskin, Saya Hanya Takut…" Kata-katanya Menginspirasi Jutaan Orang!

Loading...

Semua orang tahu bahwa kejujuran adalah sifat dasar yang harus dimiliki seorang manusia. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran ini.

Berapa banyak orang yang menipu orang lain demi keuntungan sendiri, berapa banyak pula orang yang tertipu karena ketamakan sendiri. Menjadi pribadi yang jujur tidak hanya akan melindungi martabat sendiri, tapi juga menjaga hati nurani sendiri.

Tapi yang namanya manusia pasti ada saatnya khilaf dan berbuat kesalahan, tak terkecuali pengusaha ternama, Li Ka-shing. Ia juga pernah membuat kesalahan serius dalam menjalankan bisnisnya hanya demi mengejar keuntungan lebih.

Li bercerita, suatu hari ketika ia membuatkan secangkir teh untuk ibunya, ibunya bertanya, "Kamu ingat tuan rumah Kuil Kaiyuan yang bernama Yuan Mou? Dia sekarang sudah tua. Waktu itu dia berharap menemukan pengganti yang cocok untuk dirinya. Semua kandidat yang paling cocok pun dipanggil ke depannya. Ia memberi kedua kandidat tersebut masing-masing satu karung padi untuk ditanam. Katanya barang siapa yang berhasil memanen beras terbanyak di musim gugur tahun depan, dialah yang akan menjadi penggantinya.

Ketika musim gugur tahun depan tiba, kandidat pertama membawa segudang beras penuh, sedangkan kandidat kedua kosong melompong, tidak bawa apa-apa. Ia pun kemudian mengumumkan di depan semua orang bahwa penggantinya adalah kandidat nomor 2.

Ternyata padi yang diberikan kepada mereka sudah direbus dalam air mendidih terlebih dahulu dan tidak dapat ditanam sama sekali. Hasil ini menunjukkan bahwa kandidat pertama tidak jujur, tentu saja dia tidak bisa dipercaya untuk menggantikan posisinya.

Bisnis juga begitu, jadi orang juga begitu, semua harus bicara integritas.
Setelah mendengar cerita ibunya, Li sangat malu dan tiba-tiba menyadari bahwa keberhasilannya yang cepat telah menyebabkan kerugian bagi pabrik lain.

Ia pun segera melakukan penyesuaian dan berhasil menyelamatkan banyak pabrik dari krisis. Siapapun pasti pernah membuat kesalahan dalam hidup, dan itu normal.

Tetapi, perbedaan antara orang yang sukses dan orang biasa adalah orang yang sukses berani mengakui kesalahan dan terus belajar dengan rendah hati untuk memperbaiki diri. Inilah yang membantu Li meraih kesuksesannya yang sekarang.

Jadi orang haruslah jujur dan bersyukur,

Walaupun miskin, janganlah berhutang lalu menghilang begitu saja

Walaupun sulit, juga janganlah mengingkari janji

Walaupun sibuk, bilanglah dan jangan sampai tidak memberi jawaban

Jadi orang harus fair dan berani melakukan hal secara terang-terangan.

Jangan pernah buang kepercayaan yang orang lain berikan, karena kepercayaan itu menunjukkan seberapa bernilai kamu di mata orang itu.
Li tidak takut miskin, cuma takut tidak dipercaya.

Kondisi sesulit apapun juga tidak takut, cuma takut tidak berani bertanggung jawab.

Selama Anda melangkah selangkah demi selangkah, Anda akan memiliki segalanya, dan Anda dapat memulai dari awal lagi.

Pada akhirnya, harta tidak bisa dibawa ke mana-mana, namun semua yang kita lakukan di dunia ini akan berurusan dengan kita di akhirat.

Semoga menginspirasi! Yuk BAGIKAN ke yang lain!

Sumber: Youtube

Artikel Terkait