Wow .. Minum Air Rendaman Okra dengan ''Cara Ini'' Mampu Basmi Kolestrol Jahat di Tubuhmu

Loading...

Kolesterol tinggi bukanlah penyakit, tapi berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. Diantaranya adalah penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Kolesterol secara semulajadi terdapat dalam dinding sel atau selaput di mana-mana di dalam tubuh, termasuk otak, saraf, otot, kulit, hati, usus, dan jantung. 

Dalam kondisi normal pula kolesterol berfungsi sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk dan tidak ke dalam sel, terlibat dalam produksi hormon seks, membantu produksi hempedu.

Namun jika seseorang memiliki terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah, kelebihannya dapat disimpan dalam arteri, termasuk arteri koroner jantung, pembuluh arteri ke otak, dan arteri yang memasuki darah ke kaki.

Di Indonesia sayuran okra sering diolah menjadi masakan seperti tumis, lodeh, goreng tepung, sup dll. Sayangnya jika dimasak dengan suhu tinggi pasti nutrisi di dalamnya akan berkurang. Cara mengolah okra untuk obat kolesterol yang paling tepat adalah dengan menjadikannya infused water.

Beberapa tahun belakangan, infused water sangat populer di Indonesia. Resepnya sangat mudah, cukup rendam buah segar, sayur ataupun rempah-rempah dalam air selama beberapa jam.

Mengganti minuman bergula tinggi seperti kopi, teh ataupun susu dengan infused water terbukti dapat mengurangi kadar gula darah sekaligus menurunkan berat badan. Apalagi okra memiliki indeks glikemik rendah yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Cara mengolah sayur okra menjadi infused water yang segar dan berkhasiat,
  • Siapkan 5-6 okra,  air 600 ml dan botol/ toples
  • Cuci sayur okra lalu buang bagian ujungnya dan potong tipis
  • Masukkan potongan okra dan air hingga terendam dalam botol
  • Taruh dalam lemari pendingin sekitar 3 jam
  • Tinggal diminum saja, hasilnya sedikit kental dan langu karena lendir yang keluar dari okra
  • Jika air habis bisa ditambahkan lagi, irisan okra bisa direndam sampai 3x

Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Artikel Terkait