7 Tanda Stroke Mulai Menyerang Tubuh Tanpa Kamu Sadari

Loading...

Stroke adalah penyakit yang cukup sering kita temui di sekitar lingkungan kita, umumnya menimpa pria wanita usia menengah hingga lanjut. Stroke disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah di otak. Tidak hanya bisa mengakibatkan kelumpuhan, stroke juga bisa mengakibatkan kematian.



Berikut ini 7 gejala yang perlu kamu waspadai, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter!

1. Sakit kepala terus-menerus

Sakit kepala ini tidak ada penyebab yang jelas, namun dari yang frekuensinya sedikit berangsur-angsur menjadi banyak. Setiap orang berbeda, ada juga yang dibarengi dengan rasa mual dan telinga berdengung.

2. Kesemutan

Tangan, kaki, lidah, mulut yang kesemutan, bahkan bibir tiba-tiba terlihat “miring sebelah”, ini adalah gejala awal dari stroke. Ada juga pasien yang mendadak merasa tubuhnya lemes, tak bertenaga, kaki seperti harus diseret bahkan tidak bisa berdiri dan belajan.

3. Pandangan menjadi gelap

Pandangan tiba-tiba menjadi gelap, sebelah mata muncul sesuatu, tidak bisa melihat dengan jelas, ada bayangan, ini adalah gejala awal stroke, jangan anggap remeh.

4. Kulit memerah

Kalau kulit muncul darah beku (warna biru atau merah tua) dan kulit juga berubah kemerahan dibarengi dengan rasa panas saat dipegang, ini juga gejala awal stroke.

5. Ada yang tidak normal saat berjalan

Berjalan terhuyung-huyung, tidak bertenaga, kaki sulit digerakkan, adalah tanda-tanda awal. Kalau orang tua muncul kondisi ini, dibarengi dengan kaki tangan tak bertenaga dan kesemutan, kemungkinan besar ini adalah gejala awal stroke.

6. Sering mimisan (darah tinggi)

Jika sering menderita darah tinggi, sering mimisan, mata merah, atau kencing darah, dalam setengah tahun ada kemungkinan terjadi stroke.

7. Ngences Saat Tidur

Pembuluh darah otak yang mengeras dapat membuat pasien meneteskan air liur saat tidur, ngomong kurang jelas, badan kesemutan dan sulit digerakkan. Kalau orang tua meneteskan air liur saat tidur, meskipun tidak muncul gejala mulut miring, mata setengah tertutup, sebaiknya periksakan ke rumah sakit sesegera mungkin.

Berikut Ini Cara Mencegah Terjadinya Stroke

1. Kurangi Konsumsi Garam dan Lemak

Garam adalah penyebab utama darah tinggi. Stroke dan darah tinggi sangat sering menyerang orang yang suka mengkonsumsi makanan asin-asin dan berlemak. Kurangi garam, kecam asin, saos tiram, minyak sayur, dll.

2. Minum Teh

Teh dapat mengencerkan darah supaya tidak lengket di pembuluh darah. Tapi setiap teh beda-beda efeknya. Pilihlah yang paling sehat untuk jantung seperti teh hitam atau teh hijau.

3. Dilarang Merokok atau Minum Bir

Rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan tersumbat, sama halnya dengan alkohol. Menurut penelitian, bir adalah salah satu pemicu terbesar stroke.

4. Jangan Olahraga Ekstrim

Lakukan olahraga ringan-sedang 3-5 kali seminggu, sekali minimal 30 menit. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki, jalan cepat, jogging, berenang, dan sebagainya. Jangan lakukan olahraga yang menyebabkan capek berlebihan atau memacu adrenalin.

Artikel Terkait