Sudah Tau Belum Terong Hijau Bulat Ternyata Berkhasiat Mengobati Dan Mencegah Berbagai Macam Penyakit Ganas

Loading...

Terong merupakan salah satu sayuran yang mempunyai berbagai bentuk dan warna, diantaranya bentuk bulat hingga lonjong serta ada yang berwarna hijau, kuning, ungu. Terong merupakan sayuran yang mudah didapatkan di Indonesia dengan harga yang murah.



Di Negara Indonesia terong banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti sambal terong, terong balado dan lain sebagainya. Karena itu terong sering disebut dengan makanan yang merakyat.

Kandungan dan Khasiat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin banyak yang belum mengetahui khasiat dari sayuran ini. Terong ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung mineral, kalsium, vitamin K, bioflavonoid serta kaya akan serat. Kandungan tersebut hanya beberapa komponen yang diperlukan oleh tubuh. Untuk lebih jelasnya mari kita akan mengulas mengenai manfaat terong bagi kesehatan.

Terong Menurunkan Tekanan darah tinggi atau Hipertensi

Terong memiiki kadar atau jumlah kalium yang cukup tinggi yaitu sekitar 217mg /100gram. Kandungan kalium yang cukup tinggi ini efektif mencegah darah tinggi atau hipertensi. Buah terong banyak mengandung mineral potassium yang bermanfaat mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi resiko hipertensi (tekanan darah tinggi).

Terong Menurunkan Ketegangan Syaraf

Kandungan skopoletin dan scoparone yang terdapat pada terong diyakini dapat menurunkan beban psikologi dan mengurangi stres. Selain itu terong juga dapat mencegah epilepsi dan faktor penyebab stres yang lainnya.

Terong Mencegah Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian di Jepang, membuktikan bahwa terong merupakan salah satu sayuran yang dapat mencegah resiko kanker. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan inhibitor pada sayuran ini. Jadi untuk penderita kanker, sering-seringlah mengonsumsi terong. Terong mengandung antioksidan berupa asam klorogenat yang membantu tubuh mencegah kerusakan dan mutasi sel akibat radikal bebas. Mutasi sel dapat menyebabkan timbulnya kanker.

Terong Melancarkan Pencernaan dan Meningkatkan Metabolisme

Terong banyak mengandung serat yang sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Terong dapat membantu meningkatkan metabolism tubuh. Terong kaya akan mineral mangan yang turut membantu tubuh mengubah protein dan lemak dari makanan yang dicerna menjadi energi. Laju metabolisma yang tinggi menurunkan resiko penimbunan lemak tubuh. Makan terong juga bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Terong mengandung vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Terong Mengurangi Kelebihan Zat Besi dalam Tubuh

Terong mengandung senyawa yang disebut nasunin. Senyawa ini diketahui mempunyai kemampuan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh.

Mencegah Aterosklerosis

Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan pada kelinci, menunjukankan bahwa kelinci yang diberi terong secara terus menerus terbukti dapat menurunkan lemak dalam pembuluh arteri mereka sehingga dapat terhindar dari resiko aterosklerosis.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Berkat kandungan serat, beta karoten dan anti oksidan yang tinggi membuat terong menjadi salah satu tanaman yang dapat mencegah seseorang terkena serangan jantung bila mengkonsumsinya secara teratur.

Menguatkan Tulang dan Rambut

Terong menyediakan vitamin K yang diperlukan untuk membangun struktur tulang uang sehat dan kuat sehingga. Terong mengandung folat yang diperlukan dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

Artikel Terkait