Ternyata Bumbu Dapur Ini Rahasia Menanam Cabai Di Polybag Atau Pot Agar Berbuah Lebat Selebatnya dan Bebas dari Hama

Tags

Loading...

Untuk petani yang sudah malang melintang di dunia pertanian mungkin sudah tidak asing lagi jika pelengkap bumbu dapur ini yang namanya micin bisa di manfaatkan untuk melebatkan tanaman cabe, namun untuk yang belum mengetahui micin hanya bisa di manfaatkan sebagai aroma penyedap masakan saja.



Kandungan Msg Micin Untuk Tanaman Cabe

Ternyata dalam kandungan MSG yang di miliki micin ini selain bisa di gunakan sebagi penyedap masakan ibu-ibu rumah tangga juga bisa di gunakan sebagai pupuk penyubur tanaman seperti cabe.

Penggunaan micin yang di lakukan dengan benar dan dosis yang baik bukan hanya bisa menyuburkan tanaman cabe namun bisa juga melebatkan buah cabe yang tadinya lesu dengan buah yang sedikit, hal lain manfaat dari MSG yang terdapat pada micin sendiri di antaranya adalah ;

1. Pada kandungan MSG yang terdapat pada micin ini bisa di gunakan sebagai pupuk yang memiliki nilai manfaat menambah unsur hara seperti Natrium ( Na ) dan kalium( K ) kedua unsur ini sangat penting untuk kesuburan tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanama,  sehingga tanaman cabe bila di beri micin akan mengalami peningkatan kesuburan, selain itu juga micin yang di berikan pada tanaman cabe bisa juga mencegah terjadinya rontok daun.

2. Manfaat MSG yang terdapat pada micin ini juga memiliki sifat yang cukup istimewa yaitu bisa mempercepat proses pembentukan bunga cabe. Hal ini terjadi karena ada micin sendiri terdapat banyak sekali kalium yang terkandungnya, pada Natrium mempunyai peranan yang sangat penting perkembangan tanaman cabe sendiri yaitu dalam proses rangsangan pembungaan, sehingga bunga cabe yang cepat tumbuh dan banyak otomatis akan meningkatkan buah yang di hasilkan nantinya.

3. Dengan memberikan micin ke tanaman cabe akan meningkatkan kesuburan tanaman, definisi kesuburan tanaman bisa di lihat nantinya tanaman cabe akan tumbuh dengan subur di tandai daun yang berwarna hijau segar dan juga terhindar dari serangan hama dan penyakit.

4. Micin juga bisa memperkuat akar yang tumbuh pada tanaman cabe, sehingga akar yang kuat membuat buah tidak mudah rontok.

5. Tanaman cabe yang subur tentu akan terhindar dari kekerdilan.

Namun penggunaan micin uuntuk tanaman cabe tentu tidak sembarangan asal beri, penggunaan yang salah bukannya dapat menyuburkan tanaman cabe malah bikin tanman cabe layu dan mati.

Cara Pengguanakn Micin Sebagai Pupuk Penyubur Cabe

Penggunaan micin utuk pemupukan tanama cabe tetu tidak asal di beri saja tanpa takaran yang pas, pengunaan yang salah bukan malah akan membuat tanman cabe berbuah lebat malah justru cabe akan mati dan layu.

Untuk cara menggunakannya yaitu sebagai berikut :

Gunakan miccin sebanyak 5 gram kemudian micin tersebut lalu di campurkan ke dalam 1 liter air lalu aduk hingga rata, aplikasi ini bisa di siramkan ke tanaman cabe ke bagian akar dan jangan sampai terkena daun tanaman cabe.

Untuk tanaman cabe yang masih muda yaitu 2 minggu setelah tanam aplikasi tersebut hanya bisa di gunakan untuk 4 tanaman cabe yang di siram ke akar tanaman. Namun jika cabe sudah mulai berbunga hanya bisa untuk 1 tanaman saja.

Jadi jika cabe yang kita tanam mencapi ratusan batang bisa di kalikan sendiri saja, guakan aplikasi ini ketika tanaman cabe berumur 2 minggu setelah tanam dan ketika cabe sudah mulai berbunga. 

Sumber: re-sehat

Artikel Terkait