Tak Hanya Daging dan Daun, Getah Pepaya Juga Punya Banyak Manfaat Lain Untuk Kesehatan

Loading...

Enggak perlu habiskan uang ke dokter, cukup dengan getah pepaya bisa sembuhkan beberapa penyakit di bawah ini


Siapa yang tidak mengenal pepaya? Buah tropis yang tumbuh di Indonesia ini mempunyai banyak sekali manfaat. Bahkan tidak hanya daging buahnya saja, daunnya pun juga berkhasiat untuk kesehatan. Tapi apakah kalian tahu kalau ada lagi bagian dari buah tersebut yang bermanfat bagi kehidupan?


Bagian yang dimaksud adalah getahnya. Memang sih getah pepaya terkenal dengan gatalnya. Namun, kalau digunakan dengan benar, getah dari pepaya ini bisa berkhasiat untuk kehidupan. Bukan untuk kesehatan saja tapi juga berfungsi sebagai perawatan kecantikan. Kalau ingin mengetahui segala manfaatnya, yuk simak ulasan berikut ini.


Untuk mengobati luka bakar

Getah dari buah pepaya memiliki fungsi untuk mengobati luka bakar. Akan tetapi luka bakar yang ditangani hanya tingkat ringan saja. Untuk luka bakar berat harus ditangani oleh dokter karena dikhawatirkan akan mengalami infeksi jika diobati menggunakan getah pepaya saja.

Cara untuk mengobati luka bakar ringan ini dengan getah pepaya cukup mudah Sahabat Boombastis. Cukup oleskan saja getah pepaya ke luka bakarnya. Eits, sebelum mengoleskan ke luka bakar, getah pepaya dibalurkan terlebih dahulu ke kulit tangan dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Ini dilakukan agar mengetahui apakah getah pepaya cocok dengan kulit kita atau tidak. Kalau kulit menunjukkan reaksi berupa gatal atau panas, alangkah lebih baik luka bakar tidak diobati memakai getah pepaya.

Berfungsi sebagai penghilang jerawat

Siapa sangka, getah pepaya yang terkenal dengan gatalnya ini bisa dijadikan obat penghilang jerawat. Ini bisa terjadi lantaran getah pepaya mengandung zat papain yang mampu untuk mengusir jerawat. Jadi, kalau kalian berjerawat dan punya buah pepaya di rumah, wajib banget dicoba.

Untuk menghilangkannya bisa dengan langsung mengoleskan getah pepaya ke kapas terlebih dahulu. Kemudian balurkan ke bagian wajah yang berjerawat. Terakhir, diamkan sampai getah tersebut mengering kemudian bilas dengan air hangat. Hal ini dilakukan sampai jerawat di wajah benar-benar menghilang.

Bisul pun bisa dilibas menggunakan getah pepaya

Bisul memang menjadi hal yang paling menyebalkan. Bagaimana tidak, kalau kita tidak sengaja menyentuhnya, penyakit yang berupa tonjolan tersebut sangatlah sakit. Sehingga, bisul harus segera dihilangkan supaya tidak menyakiti penderitanya lebih lama.

Tapi tenang saja Sahabat Boombastis, getah pepaya bisa mengatasinya kok. Cukup dengan balurkan getah pepaya tersebut langsung ke bisul. Kemudian, diamkan getah pepaya tersebut selama satu menit lalu bersihkan menggunakan air hangat. Pengobatan menggunakan getah pepaya ini harus dilakukan secara rutin pada saat pagi dan malam. Supaya bisul bisa pergi dari hidupmu dengan lebih cepat.

Tumit pecah pun dapat dihilangkan dengan getah pepaya

Tumit pecah memang menjadi hal yang paling tidak diharapkan oleh semua orang, khususnya para wanita. Yap, ini karena para wanita tak bisa lagi dengan bebas menggunakan sandal. Sehingga, mereka harus menggunakan sepatu untuk menutupi tumitnya yang tidak seindah dulu.

Namun, kalian tidak perlu cemas ataupun berputus asa gara-gara tumit pecah ini. Kalian bisa menyingkirkannya dengan menggunakan getah pepaya. Caranya sama seperti sebelumnya yaitu membalurkan getah pepaya tersebut ke tumit kaki yang pecah-pecah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa digunakan dua kali dalam sehari. Dijamin, tumit kalian akan menjadi lebih mulus.

Sakit gigi bisa disingkirkan oleh getah pepaya

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Itulah sepenggal lagu dari Meggi Z yang terkenal sampai saat ini. Padahal kalau di kehidupan nyata, enggak ada yang tahan dengan sakit gigi. Sakit gigi bisa bikin pusing dan bahkan tidak dapat tidur. Biasanya, orang yang sakit gigi langsung saja dibawa ke dokter supaya tidak berlanjut.

Akan tetapi kalau kalian mempunyai buah pepaya, sudah tak perlu khawatir lagi. Getah pepaya yang dioleskan pada kapas dan kemudian ditempelkan pada gigi bisa meredakan rasa sakitnya. Namun, hal ini harus dilakukan tiga kali dalam sehari supaya sakit gigi bisa cepat untuk disembuhkan.

Getah pepaya yang sering diremehkan karena bisa menyebabkan gatal ternyata mempunyai banyak faedah. Mulai dari mengobati luka bakar ringan sampai sakit gigi. Jadi, untuk para Saboom di rumah yang punya pepaya, bisa sekali dimanfaatkan. Kalau kalian tahu apa kegunaan lain dari getah pepaya ini, bisa share di kolom komentar.

Sumber: boombastis

Artikel Terkait